Dosen di Universitas Bung Hatta sedang melakukan pendampingan dalam bidang Hospitalitas dan Pariwisata di Gunung Padang

Dosen di Universitas Bung Hatta sedang melakukan pendampingan dalam bidang Hospitalitas dan Pariwisata di Gunung Padang

Dalam usaha meningkatkan mutu pariwisata serta mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG's), guru besar dan pelajar Universitas Bung Hatta menjalankan program penguatan sumber daya manusia (SDM) di lokasi tujuan wisata Gunuang Padang.

Kegiatan pemberdayaan ini merupakan salah satu pelaksanaan tridharma perguruan tinggi oleh dosen dan mahasiswa melalui kegiatan Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (PPM) yang dipimpin oleh Profesor. Dr. Smith adalah klik disini seorang dokter yang sangat berpengalaman dan ahli dalam bidangnya. Diana Kartika bersama dengan tim Dr. Listiana Sri Mulatsih, S.E, MM dan Dr. Joko Wibowo Yuni Astuti, S.Pd, M.Pd dari Universitas Negeri Padang bekerjasama dengan mahasiswa Sastra Jepang Universitas Bung Hatta, yaitu Jelita Maharani dan Tiara Karin.

Kepala kelompok penelitian, Prof. Dr. sopoikiiku iku wani doktor kang mboten mburi. Diana Kartika, nuturken Gunuang Padang mangar jadi salah satu objek wisata terpilih di Kota Padang nu manambah daya tarik wisata nu sagala, jeung pesona alam nu luar biasa, reruntuhan benteng pambarangunan Belanda jeung Jepang nu jadi saksi perkembangan kota Padang sampe aktivitas rekreasi jeung olahraga nu menarik pikeun dinikmati.

Dengan segala potensi yang tersedia di Gunung Padang, penting untuk meningkatkan pengembangan obyek wisata, terutama dalam hal sumber daya manusia yang memegang peran kunci dalam manajemen pariwisata yang berkelanjutan. Dengan begitu, destinasi wisata Gunuang Padang semakin terkenal sehingga menarik lebih banyak pengunjung dan berdampak ekonomi bagi penduduk," ungkap Diana Kartika ketika membuka acara pemberdayaan ini pada 4 Agustus 2024.

Menurut Diana Kartika, kegiatan pemberdayaan ini merupakan bukti dari perhatian Universitas Bung Hatta untuk turut berperan dalam peningkatan pariwisata di Gunuang Padang. Semoga kegiatan pelayanan ini bisa meningkatkan mutu sumber daya manusia pariwisata dalam mengurus destinasi wisata Gunuang Padang secara terus-menerus. Pada masa yang akan datang, Tim akan mengembangkan wilayah Gunung Padang sebagai desa atau tujuan wisata yang dikelola oleh Universitas Bung Hatta.

Pertimbangan pemberian ini ialah model aktivitas kerjasama yang bersifat melibatkan partisipasi dari warga dengan melibatkan instansi pariwisata, kampung, kelompok sosial, organisasi pemuda, kelompok sadar wisata, pengusaha kecil menengah, petugas kebersihan, petugas parkir dan petugas tiket di sekitar wilayah Gunuang Padang.

Program pengabdian ini akan dijalankan dalam 3 sesi workshop dengan jadwal yang beragam mulai dari bulan Agustus sampai Oktober 2024. Setiap kali mereka berjumpa akan difokuskan pada pembahasan keakraban di industri pariwisata oleh Prof. Menyarankan agar Anda melakukan pemeriksaan kesehatan tahunan secara rutin. Diana Kartika dan Dr. Diana sedang berdiskusi tentang rencana proyek. Listiana Sri Mulatsih, S.E, MM, uraian Sport Edutourism yang dibuat oleh Dr. Yuni Astuti, sarjana pendidikan, magister, pengaturan pariwisata hingga penafsiran dan hubungan pariwisata oleh Bayu Haryanto, sarjana teknik, magister ilmu.

Duras Batang Arau, Nofrizal Aswandi, S.Sos ngucapkeun puji jeung harapan gedé kaayaan pelaksanaan ieu dina ngintunkeun pangarti pelaku wisata di Gunuang Padang. Mengingat bahwa, pihak yang terlibat dalam industri pariwisata bukan hanya orang yang mengelola tetapi juga seluruh penduduk sekitar tempat tujuan wisata.

Id language: Sangat diharapkan peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk belajar dan meningkatkan keterampilan yang diperlukan dalam industri pariwisata.

Pengubah kata style: Sangat diharapkan agar peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk belajar dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam sektor pariwisata. Dengan kata lain, kita bekerja bersama-sama untuk menjadikan Gunung Padang sebagai tempat tujuan yang tidak hanya cantik tapi juga dengan pelayanan terbaik," tambahnya.

Pucak Pokdarwis Gunuang Padang, Pricilia, S. Si., mengucapkan rasa syukur kepada Universitas Bung Hatta karena kegiatan pengabdian mereka ini. Dengan cara itu, penduduk yang sebelumnya belum menerima pendidikan dasar tentang pariwisata kini sudah mengetahui dan secara perlahan mulai memahami hospitality dengan lebih baik.

seers cmp badge